Let's Think About It #2: Pro Kontra Facial


Perawatan kulit tidak jauh dari namanya facial. Setelah facial kulit akan terasa segar, ringan, dan bersih dari lemak atau komedo. Jerawat yang matang pun dibersihkan sehingga kulit juga terasa lebih halus. Sebagian orang juga enggan facial karena rasa sakit dan takut wajah berlubang-lubang. "Ngapain bayar kalau dapet sakitnya?" kata kakak saya. Namun apakah benar begitu?

Facial adalah proses pembersihan kulit wajah secara mendalam. Dimulai dari mencuci kulit wajah, peeling, pembersihan kulit dari jerawat matang dan komedo, hingga membunuh bakteri jerawat dan penambahan serum pada kulit. Namun, prosedur ini dicocokan lagi dengan pilihan paket facial yang kalian pilih di salon atau estetika.

Masalah muncul ketika beberapa pasien menyampaikan keluhan seperti terdapat bekas jerawat berlebih, jerawat baru, atau iritasi pada wajah. Sebenarnya semua ini kembali kepada prosedur facial yang dipilih pasien. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pasien saat menikmati layanan facial:

Pastikan terapis profesional
Saat berkunjung pada suatu salon, perhatikan terapis salon tersebut. Bukan hanya soal ramah, tetapi terapis tersebut juga harus terlatih dan menggunakan peralatan serta metode yang bersih seperti mencuci tangan terlebih dahulu sebelum terapi dilakukan, menggunakan handuk dan sarung tangan, ekstraktor komedo dan jerawat bersih, peralatan terapi lainnya bukan abal-abal

Perhatikan prosedur yang dilakukan
Banyak teman-teman saya yang takut facial karena lantaran kulit wajah halus, wajah mereka malah membengkak dan merah, Pada umumnya, pori-pori wajah akan diuapi dengan uap air untuk membuka pori-pori sehingga saat pembersihan jerawat, tidak terlalu sakit. Setelah dilakukan pembersihan jerawat yang matang, akan dilakukan prosedur "perataan kulit" dan masker untuk memperkecil pori-pori.

Bahkan salah satu estetika Bandung langganan saya, para terapis akan memberikan salep antibiotik pada akhir prosedur. Salep dioleskan pada daerah yang pecah-pecah seperti koreng atau luka yang sedang dam proses penyembuhan pada wajah. Saat pengolesan salep, tunggu sampai 2 jam, baru boleh cuci muka atau mandi.

Sedikit pengalaman, saat saya SMP, ada tempat facial yang melakukan ekstraksi jerawat tapi tidak melakukan proses "perataan kulit", hanya masker. Wajah saya setelah facial pun tetap merah-merah bahkan membengkak. Perlu 3 hari lebih agar kulit kembali normal, tetapi masih ada sedikit merah-merah. Maka perhatikan prosedur yang dilakukan.

Rasa sakit yang sangat menyakitkan?
Perhatikan hal ini. Memang prosedur pembersihan jerawat terasa sakit, tetapi tidak boleh sangat sakit. Jika sangat sakit, jerawat yang dibersihkan bukan jerawat matang. Hal ini berbahaya karena dapat merusak jaringan kulit dan membuat bakteri jerawat menginfeksi lapisan kulit yang lebih dalam atau menyebar ke jaringan sekitar yang sehat.

Testimoni pelanggan di salon tersebut 
Jika ragu terhadap salon tersebut, bisa saja meminta testimoni dari pelanggan di sana. Apa saja kelebihan dan kerugian di sana? Adakah keluhan yang terjadi dan bagaimana para terapis memberikan solusi? Tidak ada salahnya untuk bertanya dulu daripada terlanjur wajah rusak.

Tambahan: Kotak tips adalah tanda kebersihan
Perhatikan apakah tempat facial yang dikunjungi memiliki kotak tips atau tidak. Jika tidak, hati-hatilah. Bisa saja para pelanggan memberikan tips langsung dari tangan ke tangan terapis. Kita tidak tahu apakah setelah menerima tips, terapis ingat untuk mencuci tangannya atau tidak. Kotak tips ada di tempat facial untuk memberikan kesempatan bagi pelanggan memberikan tips, sembari tetap menjaga kebersihan terapis.   

Ah repot, mending tidak perlu facial
Sebenarnya saya adalah orang yang pro facial selama prosedur yang dilakukan teruji klinis dan memiliki sertifikat. Tanpa facial pun sebenarnya membuat kulit semakin kusam atau berjerawat, jika kita tidak tahu cara mengatasi permasalahan kulit kita dengan baik. Bahkan semakin menumpuknya kotoran pada wajah dapat menyebabkan pori-pori membesar, google saja dilated pore of winer. Facial sebenarnya membantu membersihkan kotoran kulit secara mendalam dan menyeluruh yang biasanya sering dilewatkan oleh kita.

Jadi apakah sekarang kamu masih takut ke facial? Banyak facial yang murah juga, tetapi tetap perhatikan kebersihan para terapis ya :). Semoga artikel ini membantumu.  

No comments:

Powered by Blogger.